Wednesday, February 29, 2012

SEKOLAH, PONDOK PESANTREN DAN ENGLISH COURSE DI JEPARA BERTARAF INTERNASIONAL

        Teman-teman dulu kita mendengar Undang-Undang Sisdiknas 2003 memperkenalkan klasifikasi sekolah baru. Sekolah itu antara lain disebut Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) waduh hebat banget ya…, Sekolah dengan Kategori Mandiri (SKM) yang ini mungkin tak perlu proposal dan bantuan… , dan kelompok Sekolah Biasa (SB) mungkin ini untuk orang-orang biasa… Pada SBI, pihak penyelenggara pendidikan diberi ruang untuk menggunakan silabus pembelajaran dan penilaian yang umumnya dipakai pada sekolah menengah di negara-negara yang tergabung dalam OECD.

        Setelah berita itu berhembus maka kebijakan ini pun kemudian ”rame-rame” direspons oleh sekolah-sekolah di Tanah Air. Syamsir Alam (2008) menyebut pada tahun 2004/2005, SMA Negeri 70 Jakarta dan SMA Labschool mulai mengadopsi silabus Cambridge Advance Level (A Level) guna memperkaya kurikulum nasional pada siswanya. Selanjutnya program yang sama diperkenalkan di SMA Negeri 8 Jakarta, SMA Negeri 21 Jakarta, dan SMA Negeri 68 Jakarta.

        Sebagaimana diketahui, program Cambridge A Level merupakan golden standard-nya Cambridge International Examination (CIE) yang sertifikatnya sudah diakui sejumlah universitas unggulan (ivy league) mancanegara, seperti University of Cambridge, Oxford University, Harvard University, MIT, dan Stanford University. Kelebihan lain dari program ini adalah pembelajaran dan penilaian Cambridge IGCSE lebih menekankan pada kemampuan pemecahan masalah, menumbuhkan pemikiran kreatif, dan autentik (contextual learning).

        Saat ini Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) itu sudah tersebar di sejumlah kabupaten atau kota di tanah air. Tetapi yang paling unik adalah banyak sekolah rame-rame mengaku SBI akan tetapi PONDOK PESANTREN tetap bersalaf ria atau PONDOK MODERN istilahnya. Bagaimana supaya sertifikat PONDOK PESANTREN atau ENGLISH COURSE bisa di samakan pengakuanya seperti itu ? 

        Pertanyaanya mungkin di Jepara bumi Kartini kita ini perlu PBI ( Pondok Pesantren Bertaraf Internasinal ) atau ECBI ( English Course Bertaraf Internasional ) biar seperti sekolah SBI ya ? kalau program pembelajaran dan penilaian Cambridge IGCSE lebih menekankan pada kemampuan pemecahan masalah, menumbuhkan pemikiran kreatif, dan autentik (contextual learning) PONDOK PESANTREN atau ENGLISH COURSE di Jepara juga punya program pembelajaran dan penilaian yang unik.
      



No comments:

Post a Comment