Tuesday, March 12, 2013

MTs NURIS, KKMTs 01 di SUARA MERDEKA



Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Nurul Islam Ditingkatkan
( SUARA MERDEKA edisi: Selasa, 26 Februari 2013 )

        KALINYAMATAN-MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara berupaya untuk meningkaytkan kemampuan siswanya agar mampu berbahasaInggris dengan baik.
        Salah satu upaya yang di tempuh dengan mendatangkan guru tamu sebagai penutur asli ( native speaker ) dalam berbahasa Inggris. “ Kehadiran native speaker secara berkala,di harapkan semakin menggugah gairah dan keberanian siswa dalam speaking” ujar Kepala MTs Nuris Kriyan, Ali Asyhari,S.Pd.,kemarin.
        James asal Amerika Serikat, baru-baru ini tampil di depan siswa kelas IX untuk mengkolaborasikan percakapan bahasa Inggris dengan menarik.
        Guru tamu yang sudah bisa berbahasa Indonesia sedikit-sedikit itu setelah memperkenalkan diri langsung memberikan motivasi untuk bisa mempelajari bahasa Inggris dengan baik. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional.” It is important for you” ujarnya.
        Semua siswa dipancing untuk bertanya dengan menggunakan bahasa Inggris. Kemudian setelah ada yang bertanya, baru dia melanjutkan percakapan. James meminta salah satu anak tersebut untuk maju ke depan, diajak dialog dengan bahasa Inggris secara sederhana.
        Tampak teman yang lain sangat tertarik dan bersemangat sekali untuk bisa maju ke depan kelas.Dialog ringan yang di tampilkan James menjadikan kelas semakin dinamis.
        Semua anak senang dan sering tertawa.Untuk membantu kesulitan anak dalam memahami ucapan dari guru tamu siswa di tunggui Ali Mahmudi,S.Pd. sebagai guru mapel bahasa Inggris.
        Di rumahnya, Ali Mahmudi juga membuka kursus bahasa Inggris yang banyak diikuti anak MTs dan MA. Dia juga sering membantu para usahawan mebel di Jepara yang kesulitan berkomunikasi untuk berbisnis dengan orang asing.” Peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris akan terus di tingkatkan atau bahkan di biasakan dalam pergaulan sehari-hari bagi siswa di lingkungan madrasah” ujarnya.
        Menurutnya,bahasa itu bisa di kuasai kalau di biasakan sebagaimana bahasa Jawa yang di ucapkan setiap hari.
        Waka Kurikulum, Abdul Ghofur,S.Ag. mengharapkan alumni MTs Nuris bisa menjadi santri yang akomodatif, mampu menyesuaikan keadaan zaman yang semakin berkembang tehnologinya.
        Hal ini penting karena orang yang tidak mampu mengikuti perkembangan zaman akan tersisih dari komunitas masyarakat. Kemampuan berbahasa Inggris perlu di kembangkan, karena sebagai alat komunikasi.
       Namun di MTs ini, kemampuan bahasa Arab sebagai bahasa Agama juga harus di kuasai oleh siswa. Misalnya, mereka tetap di wajibkan menghafal tasrifat ( Shorof Amsilah ) dan harus memahami masalah fiqih sebagai bekal ilmu amaliyah agama (kar-36)

 
JADI GURU TAMU: James, asal Amerika Serikat menjadi guru tamu pada pelajaran bahasa Inggris di kelas IX MTs Nurul Isam Kriyan Kalinyamatan Jepara, baru-baru ini (36 )

No comments:

Post a Comment